Main Area

Main

Selain Messi & Ronaldo, Ini Peraih Trofi Ballon dOr

Selain Messi & Ronaldo, Ini Peraih Trofi Ballon dOr

FIFA sebagai federasi tertinggi sepakbola dunia dan France Football bekerja sama menggabungkan dua trofi penghargaan pemain terbaik dunia dalam satu bentuk baru.

Jadilah sebuah trofi bernama FIFA Ballon d’Or atau Golden Ball. Trofi ini menjadi satu-satunya trofi yang diterima oleh seorang pesepakbola yang performanya dianggap paling baik sepanjang tahun. Berikut adalah daftar peraih Ballon d'Or lebih dari satu kali.

 

Johan Cruijff

Bernama lengkap Hendrik Johannes Cruijff, pemain kelahiran Amsterdam, Belanda 25 April 1947 ini mengoleksi 3 gelar Ballon d'Or di tahun 1971 bersama Ajax Amsterdam dan 1973 sampai 1974 bersama Barcelona. Karirnya sebagai pelatih juga terbilang sukses dengan berhasil membawa Barcelona meraih 4 trofi liga Spanyol, 1 trofi piala Winner, 1 trofi piala super Eropa, dan 1 trofi liga Champion Eropa pada rentang tahun 1988 sampai 1996.

 

Karl-Heinz Rummenigge

Pemain kelahiran Lippstadt, Jerman Barat, 25 January 1955 ini adalah legenda bagi klubnya, Bayern Muenchen, dan negaranya, Jerman Barat, pada awal tahun 80-an. Rummenigge berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or di tahun 1980 dan 1981 semasa membela Bayern Muenchen, di mana saat ini dia menjadi chairmanklub tersebut.

 

Michel Platini

Diganjar penghargaan Ballon d'Or tiga tahun berturut-turut pada 1983, 1984, dan 1985 atas penampilan memukau bersama klubnya, Juventus. Pemain Perancis 56 tahun ini sekarang menjabat sebagai Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Perancis (FFF) serta merupakan Presiden Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA).

 

Marco Van Basten

Bernama asli Marcell Van Basten, pemain kelahiran Utrecht, Belanda 31 Oktober 1964 ini tampil luar biasa bersama klubnya, AC MILAN, dan berhasil menerima penghargaan Ballon d'Or di tahun 1988, 1989, dan 1992. Ia dikenal sebagai salah satu penyerang yang handal sepanjang sejarah dan mencetak sebanyak 276 gol dalam karirnya. Meski begitu karirnya sangat singkat, di usia 29 tahun, Ia sudah pensiun karena cedera yang parah dan kambuhan. Bahkan, pada penghormatan terakhirnya di San Siro, membuat pelatih AC MILAN saat itu, Fabio Capello, menangis.

 

Ronaldo Luis Nazario de Lima

Pemain asal Brazil dengan julukan Il Phenomenonini adalah penyerang paling subur semasa jayanya. Menciptakan 47 gol dari 49 total penampilannya bersama Barcelona membuatnya didapuk penghargaan Ballon d'Or di tahun 1996 dan 1997 untuk Internazionale Milan dengan total 34 gol dari 47 penampilan di seluruh ajang kompetisi.

 

Lionel Messi

Pemain yang dianggap paling fenomenal di generasinya ini merupakan pengoleksi 3 gelar Ballon d'Or berturut-turut pada tahun 2009, 2010, dan 2011 menyamai rekor yang pernah dibuat atas nama Michel Platini sebelumnya. Pemain yang mendapat julukan Messiahini memiliki musim sempurna di tahun 2010 dengan kembali membawa Barcelona menjuarai Liga Champion Eropa pada musim 2010-2011 yang sempat direbut oleh Internazionale Milan di tahun sebelumnya.

Related Posts

Vettel Terancam Mendapat Hukuman Tambahan

Vettel Terancam Mendapat Hukuman Tambahan

Pebalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, terancam mendapat hukuman tambahan setelah FIA mengonfirmasi proses investigasi atas insiden yang ...

2017 NGETREND. All rights reserved.