Main Area

Main

Detik-detik Bola Api Raksasa Serang Bumi

Detik-detik Bola Api Raksasa Serang Bumi

Langit di Lowa, negara bagian di Amerika Serikat, disuguhi pemandangan spektakuler. Ratusan warga dilaporkan melihat bola api raksasa melintas di atas kotanya.

Pengamat di American Meteor Society mengatakan bola api itu muncul sekitar pukul 18.40 waktu setempat, pada Desember 2013 lalu, dilansir Ibtimes, Selasa (25/7).

Ratusan orang di wilayah Illinois, Indiana, Missouri, dan Tennessee, juga dilaporkan melihat jatuhnya bola api dari luar angkasa.

"Kami masih menunggu laporan dari dampak bola api raksasa itu. Kejadian ini sangat menarik, karena terjadi pada saat langit sedang gelap, maka banyak saksi mata yang melihatnya," kata Kurt Kotenberg dari National Weather Service.

Dia menambahkan, sebenarnya ada ribuan bola api yang jatuh ke Bumi setiap harinya. Tapi, berbeda dengan bola api yang jatuh di Lowa, ukurannya sangat besar sehingga sangat terlihat bentuk bola apinya oleh para masyarakat.

"Kami belum bisa memastikan apakah itu benar-benar meteor atau potongan benda langit. Sebab, belum ada laporan dari dampak jatuhnya meteor itu di Bumi," ujar Kotenberg.

National Weather Service masih mengidentifikasi video CCTV yang berhasil merekam jatuhnya bola api tersebut. Mereka mengakui masih kesulitan untuk mengetahui jenis dari bola api. Apakah benar meteor atau puing-puing benda langit, seperti satelit, bintang dan lainnya.

"Kemungkinan besar bola api itu adalah meteor, karena ukurannya yang sangat besar. Tapi, bisa juga puing-puing benda luar angkasa. Sebab, apapun yang melewati atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi akan terbakar dan menciptakan bola api," jelas Richard Miles, dari Science Center of Lowa. 




Related Posts

Anies Baswedan Ogah Mengikuti Gaya Ahok

Anies Baswedan Ogah Mengikuti Gaya Ahok

Calon Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan tidak akan mengikuti gaya kepemimpinan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau ...

2017 NGETREND. All rights reserved.